Garut merupakan salah satu kota yang menjadi referensi untuk wisata. Baik pengunjung lokal dari daerah Garut maupun dari daerah lain atau bahkan pengunjung asing pun tak sedikit yang berdatangan ke tempat-tempat wisata yang ada di Garut.

Tempat wisata yang beragam di Garut membuat pengunjung mempunyai berbagai referensi mulai dari wisata kuliner, sejarah, belanja, alam, budaya sampai wisata olahraga pun lengkap. Bukan hanya tempat wisatanya saja yang dipadati, melainkan penginapan yang ada di Garut pun kebanjiran booking pengunjung.

Ada banyak hotel ataupun resort yang bisa Anda pilih sebagai tempat menginap selama berlibur dengan keistimewaannya yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Kampung Sumber Alam Resort. Terletak di Jl. Raya Cipanas No. 122, Garut, Jawa Barat. Resort ini cukup terkenal dan lokasinya di tengah kota sehingga sangat mudah untuk menemukan resort ini.

Konsep lingkungan sekitar resort adalah kampung tradisional tempo doeloe dengan arsitek bangunan khas sunda yang tertata rapih. Kenyamanan akan tercipta di setiap bungalow yang di depannya terdapat kolam dengan berbagai tanaman seperti teratai di atasnya. Selain itu, pelayanan di resort ini sangat baik yang menghadirkan pelayan ramah dan murah senyum. Fasilitas unik di dalam bungalow adalah tersedianya shower dengan air panas yang langsung mengalir dari Gunung Guntur.

Selain itu, Anda dapat mencoba olahraga atau outbond yang cukup memacu adrenalin yaitu High Rope dan Flying Fox. High rope adalah permainan di mana berada diketinggian dengan berjalan pada seutas tali, sedangkan flying fox adalah permainan berseluncur menggunakan alat dengan media tali dan juga ketinggian. Dijamin, Anda dan keluarga mendapatkan pengalaman seru dengan menginap di Kampung Sumber Alam Resort ini.

Jika Anda masih ingin mencoba olahraga ekstrim lainnya, di Garut pun tersedia tempat wisata yang menyajikan itu seperti Arung Jeram Sungai Cikandang dan Arung Jeram Sungai Cimanuk. Olahraga arung jeram merupakan salah satu olahraga yang menantang dan memacu adrenalin. Di Sungai Cikandang merupakan salah satu arena arung jeram yang dipunyai oleh Garut.

Panjang pengarungan Sungai Cikandang adalah 28 km dengan lebar yang mencapai 5 sampai dengan 8 meter. Hal yang membuat jeram-jeram di sungai ini menjadi menantang saat pengarungan adalah kemiringan sungai yang cukup curam. Debit air sungai relati konstan, tidak berubah termasuk oleh faktor cuaca sehingga pengarungan pun dapat dilakukan kapan saja. Sungai bermuara di Cijayana, laut selatan Jawa Barat dan berhulu pada kaki Gunung Papandayan.

Ada banyak organizer yang menyediakan paket rafting di sungai Cikandang. Biasanya paket rafting yang tersedia untuk 30 orang/hari adalah 670 ribu per orangnya. Sudah termasuk fasilitas peralatan arung jeram, lokal transport, makan siang, snack, instruktur, P3K, asuransi, safety, team rescue, dan equipment. Anda hanya perlu menyiapkan diri mengarungi sungai Cikandang dan menikmati sensasi bersama teman-teman.

rafting di sungai Cikandang

Selain sungai Cikandang, lokasi yang terkenal dan biasa dijadikan arena arung jeram adalah Sungai Cimanuk. Berbeda dengan jarak pengarungan di sungai Cikandang, di sungai Cimanuk jaraknya hanya 7 sampai 15 km saja, sehingga lamanya arung jeram di sungai ini sekitar 3 sampai 5 jam.

Letak start point tidak jauh dari kota, hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di tempat start sungai Cimanuk. Trek pengarungannya adalah Patrol Kecamatan Banyuresmi – Leuwigoong – Sasak Beusi Cibatu atau bisa juga Kampung Padarek Kecamatan Bayongbong – Lapang Faris Kecamatan Tarogong Kidul – Janger.

Sungai Cikandang

Ada beberapa pilihan paket rafting yang bisa Anda pilih di sungai Cimanuk. Biasanya untuk minimal 25 peserta akan dikenakan harga 350 ribu per orang dengan jarak waktu pengarungan 15 km selama 3 jam. Fasilitas yang disediakan adalah peralatan arung jeram, lokal transport, snack, makan siang, instruktur, P3K, asuransi, safety, team rescue, dan equipment. Setelah Anda mengurus administrasinya, langsung menuju lokasi dan siap melakukan pengarungan di sepanjang sungai Cimanuk yang menantang adrenalin Anda.

Nikmati keseruan berlibur di Garut dengan mencoba olahraga ekstrim lainnya seperti terbang layang, tracking, ataupun paragliding di Gunung Haruman maupun gunung lainnya. Have Fun!

KUNJUNGI WEBSITE KAMI LAINYA:

  1. https://ngajarpedia.id/
  2. https://gamerpedia.id/
  3. https://droidmania.id/
  4. https://belajarpedia.id/
  5. https://malangjazzfestival.id/
  6. https://jointherebellion.id/
  7. https://asaff.id/
  8. https://muktamarnu34.id/
  9. https://pcnukendal.id/
  10. https://smartcapital.id/
  11. https://crowdtakaful.com/
  12. https://inafiber.id/
  13. https://tukutu.id/
  14. https://ethiopianembassy.id/
  15. https://pasaranku.id/
  16. https://monitory.id/
  17. https://iccc2016.id/
  18. https://sik-maritim.id/
  19. https://humasntb.id/
  20. https://acehinsight.id/