Merawat mesin adalah suatu hal yang harus di lakukan oleh pemilik motor kususnya motor matic tentunya agar performa dan keawetan mesin matic tetap terjaga.

Untuk perawatan selain servis secara rutin satu hal yang wajib dan tidak boleh di lalekan ialah memberikan pelumasan pada mesin matic serta menggantinya secara berkala,dengan demikan maka resiko terjadinya kerusakan pada mesin motor matic dapat di cegah.

Lalu untuk memilih oli pada motor matic itu sendiri sebaiknya jangan di lakukan sembarangan anda harus memahami tentang bagemana menggunakan oli yang baik untuk kebutuhan mesin motor matic yang anda miliki ,sebab salah satu faktor yang bisa mempengaruhi terhadap kinerja mesin matic ialah jenis plumasan yang digunkan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainya: Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Motor matic tidak di sarankan menggunkan oli yang di gunakan pada motor manual sebab motor matic menggunakan tipe koping kering yang letak transmisinya berada di cvt atao di luar mesin, walopun tidak masalah motor matic menggunkan oli motor manual namun alangkah baiknya gunakanlah pelumas yang sudah di peruntukan khusus untuk motor matic agar kinerja mesin tetap maksimal.

Untuk mengetahui detail tentang oli yang baik untuk motor matic berikut ini tips memilih oli motor matic yang yang sudah di rekomendasikan.

hal pertama yang perlu anda perhatikan ialah ke aslian oli, jangan sampe anda menggunakan oli yang tidak asli sebab bisa merusak mesin, telitilah sebelum menggunakan karna banyak bertebaran oli-oli palsu,

Lalu perhatikan kualitas oli tersebut dengan melihat tanda (API services) kemudian periksa kekentalan olinya dengan melihat kode SAE yang kepanjangan dari ( society of automotive enginrees) di barengi dengan angka di belakangya yaitu kode yang menunjukan tingkat kekentalan semakin tinggi angka maka semakin kental olinya.

oli yang baik untuk motor matic adalah yang mempunyai tingkat kekentalan seimbang seperti SAE 10W-40 API SJ JASO MB. yaitu oli yang memiliki zat aditif molydenium yang bisa menambah performa pada motor matic, jenis oli ini sangat licin sehingga jika di pake pada motor manual sering terjadi selip.

Demikianlah pembahasan tentang cara memilih oli yang bagus untuk motor matic semoga bermanfaat.